KRITIK DAN ESAI CERPEN "TAHI LALAT" KARYA SHOIM ANWAR



Minggu, 22 April 2018

Tahi Lalat di Dada Istri Pak Lurah
Ada tahi lalat di dada istri Pak Lurah. Itu kabar yang tersebar di tempat kami. Keberadaannya seperti wabah. Lembut tapi pasti. Mungkin orang-orang masih sungkan untuk mengatakannya secara terbuka. Mereka menyampaikan kabar itu dengan suara pelan, mendekatkan mulut ke telinga pendengar, sementara yang lain memasang telinga lebih dekat ke mulut orang yang sedang berbicara. Mereka manggut-manggut, tersenyum sambil membuat kode gerakan menggelembung di dada dengan dua tangan, lalu menudingkan telunjuk ke dada sendiri, sebagai pertanda telah mengerti.

"Awas, ini rahasia. Jangan bilang siapa-siapa!" kata Bakrul memulai pembicaraan sambil mendekatkan telunjuknya ke mulut.

"Di sebelah mana?" aku mengorek.

"Di sebelah kiri, agak ke samping," jawab Bakrul.

"Besar?"

"Katanya sebesar biji randu."

Mungkin karena keberadaannya sudah lebih jelas, akhirnya orang-orang saling memberi kode ketika berpapasan. Bila mereka sedang bergerombol, dan salah satu sudah memberi kode, yang lain mengacungkan jempolnya sebagai tanda mengerti. Bagi yang kurang yakin, pertanyaan akan langsung diteriakkan saat aku lewat.

Karena tak ingin diteriaki terus, aku mengacungkan jempol. Teriakan itu memicu yang lain untuk keluar rumah, lalu menuju pinggir jalan tempat aku lewat. Sebenarnya aku tak enak juga mendengar ejekan terhadap lurahku, meski waktu pemilihan aku tidak mencoblosnya. Maka, sebelum mereka berteriak, aku mengacungkan jempol terlebih dulu. Tapi karena niatnya mungkin mengejek, teriakan mereka pun bertambah santer.

Suara truk pengangkut material untuk pembangunan perumahan menderu-deru di jalan depan rumah yang rusak parah. Debu-debu itu sering dikeluhkan oleh anakku, Laela, setiap pulang sekolah. Entah mengapa Pak Lurah dan perangkatnya tak peduli dengan situasi itu. Pak Lurah justru tampak akrab dan sering keluar bareng dengan mobil pengembang perumahan itu. 

"Di luar sana juga ada omongan soal kedekatan istri Pak Lurah dengan bos proyek perumahan," aku membuka pembicaraan dengan istri. "Kedekatan yang gimana lagi?" istriku mendongak. "Bos proyek itu sering datang saat Pak Lurah tidak ada di rumah. Katanya juga pernah keluar bareng." 

Bulan depan adalah masa pendaftaran calon lurah atau kepala desa di sini. Konon Pak Lurah akan mencalonkan kembali untuk periode berikutnya. Tak ada yang bisa mencegahnya meski janji-janjinya yang dulu ternyata palsu. 

"Ada unsur politik juga kayaknya," kataku pada istri. 

"Mengapa istri diikut-ikutkan?" dia mendongak. 

"Citra perempuan lebih sensitif untuk dimainkan." 

"Pak Lurah telah menceraikan istrinya yang pertama. Ini istri kedua. Andai tetap dengan Bu Lurah yang dulu, tak akan tersiar kabar kayak begini." 

"Bisa jadi berita itu datangnya dari suaminya yang dulu." 

"Lo, Bu Lurah yang sekarang itu masih perawan. Selisih umurnya katanya dua puluh tahun," istriku menegaskan sambil menyambut Laela yang baru pulang sekolah. 

Pak Lurah tak pernah berkomentar atas pembicaraan yang menyangkut istrinya. Kami memilih diam ketika dia lewat. Ini berbeda ketika yang lewat istrinya. Orang-orang mendehem, pura-pura batuk ketika ada istri Pak Lurah, tersenyum dan menyapa basa-basi. Tapi, dari arah belakang, mereka membuat isyarat gerakan gelembung di dada, kemudian menuding-nudingkan telunjuk ke dada sebelah kiri. 

Jujur kukatakan, Pak Lurah juga sering menggunakan cara-cara kotor. Selama menjabat, tidak sedikit warga yang kehilangan sawah ladang dan berganti dengan perumahan mewah. Warga yang tinggal di tempat strategis, melalui perangkat desa Pak Bayan, dirayu untuk menjual tanahnya dengan harga yang lumayan mahal. Begitu tanah-tanah yang strategis itu terlepas dari pemiliknya, Pak Lurah semakin gencar membujuk yang lain dengan cara memanggilnya ke kantor kelurahan. 

"Kalau tidak mau menjual, akan dipagari oleh pengembang perumahan," begitulah kata-kata intimidasi yang sering dilontarkan Pak Bayan kepada warga. 

"Lama-lama desa ini habis terjual," kataku pada Pak Bayan. 

"Habis gimana?" jawab Pak Bayan enteng. 

"Bilang sama Pak Lurah," aku melanjutkan, "mestinya kehidupan kami diperbaiki agar makmur. Diciptakan lapangan kerja baru. Bukan mengancam agar rakyat menjual tanahnya kayak kompeni." 

"Kalau ada perumahan, pasti warga dapat kesempatan kerja." 

"Jadi kuli dan babu!" aku menyergah. 

Aku yakin, warga asli sini kelak akan jadi buruh pembersih rumput dan tukang sapu di wilayah perumahan. Sambil duduk di tanah, mereka menatap rumah-rumah mewah, dengan badan kurus kurang gizi dan napas kembang kempis digerogoti usia, mereka akan menuding sambil berkata, "Itu dulu tanah milik saya. Batasnya dari sana hingga ke sana. Luaaas sekali...." 

Semakin mendekati masa pendaftaran calon lurah, berita adanya tahi lalat di dada istri Pak Lurah semakin santer. Bumbu-bumbu pembicaraan makin banyak. Pembicaraan tidak hanya tertumpu pada tahi lalat di dada istri Pak Lurah, tapi meluas hingga sekujur tubuh istri Pak Lurah ditelanjangi. 

Aku yakin Pak Lurah dan istrinya sudah mencium kasak-kusuk di sekitarnya. Mungkin untuk mengamankan pencalonannya kembali sebagai lurah, dia sengaja memilih diam dengan harapan pembicaraan itu akan menghilang dengan sendirinya. Tapi, dengan sikap diamnya itu, aku curiga jangan-jangan pembicaraan itu benar adanya. Kata-kata 'diam pertanda setuju' hadir dalam pikiranku. Memang, Pak Lurah dan istrinya serbasalah. Apa pun yang dikatakannya dijamin tidak akan dapat meyakinkan tanpa bukti fisik. 

"Apa tidak mungkin jika salah seorang ibu PKK diminta mendekati Bu Lurah?" kataku pada istri. 

"Untuk apa?" 

"Menanyakan kepastian ada tidaknya tahi lalat itu." 

"Terus kalau tidak ada mau apa?" 

"Ya biar jelas dong," jawabku pura-pura lega. 

"Terus kalau benar-benar ada?" istriku mengejar lagi. 

"Orang-orang akan puas," aku bergaya manggut-manggut. "Akhirnya mereka kan berhenti ngrasani." 

"Ehmm, untuk apa!" istriku melengos. 

Dari awal aku sudah punya pikiran bahwa pembicaraan itu punya maksud lebih besar. Tidak penting apakah di dada istri Pak Lurah ada tahi lalatnya atau tidak. Di sebelah kiri atau kanan juga tak penting. Sebesar biji randu atau sebesar kelapa pun tak masalah. Yang sangat rawan adalah, bila benar-benar ada, kok sampai ada yang tahu? Siapa pun yang mengetahui tahi lalat di tempat rahasia itu pasti dia adalah orang yang punya hubungan khusus dengan istri Pak Lurah. Bila ditafsirkan lagi, perempuan itu sudah menjadi istri Pak Lurah saat menjalin hubungan khusus dengan orang tadi.

Siang yang terik. Truk-truk pengangkut material menderu-deru melewati kampung kami untuk menguruk sawah warga yang telah terbeli. Jalan makin rusak parah. Aku berjalan menyisir di tepi kanan. Dari arah berlawanan tampak mobil Jeep hitam berhenti. Sepertinya telah lama. Beberapa saat muncul Pak Bayan dari arah yang sama. Lelaki itu memacu motornya agak kencang. Kami berpapasan. Pak Bayan tak berkata apa-apa. 

Jeep yang tadi berhenti tampak bergerak. Sepertinya gas ditancap sehingga melaju terguncang-guncang di jalan yang bergeronjal. Debu-debu membalutnya. Terasa ada yang aneh. Kendaraan itu melaju makin kencang di sisi kanan. Ternyata Jeep itu menggasakku. Spontan aku meloncat ke seberang parit. Aku tak tahu siapa pengendaranya. Cuk! Tubuhku terjatuh ke rumpun bambu. Duri-duri tajam menancap di sana-sini. Aku berdarah-darah. 

Sampai di rumah aku masih tak habis pikir, setan keparat mana yang mengendarai Jeep tadi. Aku mengumpat-ngumpat sendiri. Dari arah depan terdengar suara Laela pulang dari sekolah. Dia setengah berlari menghampiri aku dan ibunya. 

"Gambarku bagus, ya?" Laela menyodorkan buku gambarnya yang terbuka.

"Gambar apa ini?" aku bertanya sambil menerimanya.

"Orang."

Anak perempuanku, kelas dua sekolah dasar, menggambar orang dengan rambut sepundak. Wajah dan tubuhnya diberi warna cokelat kekuningan. Bibirnya dibuat merah menyala.

"Ini orang laki apa perempuan?"

"Perempuan," ia menunjuk ke gambarnya. Dada gambar itu memang dibuat kayak ada belahannya dengan disanggah angka tiga menghadap ke atas.

"Terus titik besar berwarna hitam ini apa?"

"Itu tahi lalat," jawab anakku enteng.

"Tahi lalat apa?"

"Tahi lalat di dada istri Pak Lurah."

"Haaa...??!!!" aku heran dan terhenyak. Istriku juga tampak terbengong-bengong. Kami saling memandang. Tak bicara apa-apa. Entah bagaimana ceritanya Laela tiba-tiba menunjukkan gambar perempuan yang bertahi lalat di dadanya. Persis gunjingan yang hari-hari ini kami dengar.

"Ini tahi lalat di dada istri Pak Lurah..." kembali anakku menuding gambar yang telah dibuatnya. Kami hanya tersenyum. Kecut dan heran
KRITIK:
A.    TEMA
Tema cerpen ini adalah tentang tidak tahu apa yang dibicarakan itu benar atau salah.

B.     AMANAT
Amanat yag disampaikan oleh pengarang adalah bahwa sesama manusia tidak boleh membicarakan orang lain, karena pada dasarnya yang dibicarakan adalah bentuk yang dikasih atau diciptakan oleh yang Maha Kuasa.

C.     ALUR
Alur di sini pengarang menggunakan alur maju dan mundur.

D.    PERWATAKAN/PENOKOHAN
Tokoh di cerpen Tahi Lalat, dan sekaligus watak dari masing-masing tokoh.
1.      Aku: tokoh aku ini memiliki watak selalu ingin tahu, ini terlihat pada kutipan.
“Di sebelah mana tahi lalatnya?”
2.      Istriku: tokoh istriku ini memiliki watak yang tidak mau mengambil putusan tergesa-gesa atau bijak, ini terlihat pada kutipan.
"Terus kalau tidak ada mau apa?" 
"Terus kalau benar-benar ada?"
3.      Laela: tokoh Laela ini memiliki watak yang polos, ini terlihat pada kutipan.
"Gambarku bagus, ya?"
4.      Pak Bayan:  tokoh Pak Bayan ini memiliki watak yang semena-mena, ini terlihat pada kutipan.
“Kata-kata Pak Bayan terdengar tanpa emosi,tapi sangat menyakitkan dan beracun di hati para penduduk”
5.      Bakrul: tokoh Bakrul ini memiliki watak yang suka menyebarkan gossip, ini terlihat pada kutipan.
“Awas ini rahasia ,jangan katakan siapa-siapa”.
6.      Pak Lurah: tokoh Pak Lurah ini memiliki watak egois, ini terlihat pada kutipan.
“Warga yang tanahnya berada ditempat strategis, melalui Pak Bayan atau skretaris desa, dirayu untuk menjual tanahnya”
7.      Istri Pak Lurah: watak dari tokoh istri Pak Lurah ini tidak diperlihatkan oleh pengarang.

E.     LATAR
Keadaan di dalam cerpen tahi lalat di dada Bu Lrah ini adalah tegang.

F.      SUDUT PANDANG

Sudut pandang yang dipakai oleh pengarang adalah sudut pandang orang pertama seperti pada tokoh “aku”, dan sudut pandang orang ketiga seperti pada tokoh “istriku, istri pak lurah, pak bayan, bakrul, laela, pak lurah”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK DAN ESAI PUISI "BUNDA AIR MATA" KARYA EMHA AINUN NAJIB

KRITIK DAN ESAI LAGU "IBU" PENYANYI IWAN FALS

KRITIK LAGU "HEY LADIES" DARI ROSSA